Temui Shigechi Negishi, penemu mesin karaoke yang meninggal pada usia 100 tahun.


Jakarta

Pencipta mesin karaoke pertama Shigechi NegishiDia meninggal pada Januari 2024 pada usia 100 tahun. Namun kabar duka tersebut baru dibagikan pihak keluarga pada pertengahan Maret lalu.

Mulai CNNPada Sabtu (30/3/2024), Negishi pingsan dan meninggal karena sebab alamiah. Kabar ini dibenarkan oleh Shiro Kataoka, direktur eksekutif Asosiasi Profesional Industri Karaoke Seluruh Jepang.

Di tahun Perlu dicatat bahwa Negishi-lah yang menemukan “Sparko Box” pada tahun 1967, cikal bakal mesin karaoke. Mesin karaoke pertama di dunia ditemukan setelah salah satu pekerjanya menghina suaranya dalam sebuah lagu sebagai lelucon.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Berdasarkan kejadian tersebut, pria kelahiran 1923 ini meminta seorang insinyur listrik untuk memasang mikrofon, speaker, tape deck, dan mixer agar dirinya bisa mendengar dirinya bernyanyi sambil mendengarkan musik.

“Jadi saya menghubungkan terminal input mikrofon ke stereo mobil dan membuat sesuatu seperti prototipe jukebox,” kata Negishi dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh All Japan Karaoke Industrialist Association.

Sparco Box, pendiri dan pemilik perusahaan perakitan stereo untuk produsen mobil di utara Tokyo, pertama kali diuji oleh Yoshio Kodama pada tahun 1930-an dengan “Mujo no Yume”.

Mesin yang dibuatnya mampu mengeluarkan suara melalui speaker seiring dengan musik yang diputar. Kemudian dia tahu dia telah menemukan perangkat baru yang sangat menarik.

Negishi kemudian segera menjual mesin Sparco Box tersebut ke berbagai tempat seperti bar, hotel dan restoran. Pada tahun 1970an, mereka telah menjual sekitar 8.000 perangkat.

Namun sampai akhir hayatnya Negishi Dia tidak bisa membuktikan paten mesin karaoke tersebut. Karena pada tahun tersebut Pada tahun 1960-an dan 1970-an, banyak orang di Jepang yang menciptakan sendiri berbagai mesin serupa.

Keadaan ini membuat proses pematenan suatu hak cipta menjadi sangat sulit karena tidak mungkin diketahui secara pasti bahwa dialah sebenarnya pencipta mesin karaoke yang asli.

Selain itu, banyak perusahaan elektronik yang membuat mesin ini pada tahun 1970-an, membuat kotak Sparco milik Negishi tidak kompetitif.

(eds/eds)

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

{inAds}