Bertemu dengan PMI di Jeddah, Menaker pastikan penerapan sistem SPSK






Mandela Blog – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah pada Minggu (31/3/2024) menemui Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Arab Saudi.

Kepada pahlawan devisa negara, Aida Fauziah kembali menegaskan komitmen pemerintah dalam meningkatkan perlindungan dan keamanan bagi pekerja migran Indonesia, termasuk dalam hal perluasan lapangan kerja asing.

Dalam keterangannya, Sabtu (30/3/2024), Ida Fauziah mengatakan, “Sistem perlindungan kerja bagi pendatang Indonesia menjadi prioritas utama dalam upaya perluasan kesempatan kerja di luar negeri.”


Dalam diskusi singkat tersebut, Menteri HRD Aida secara khusus fokus pada proses monitoring penerapan skema Sistem Penempatan Satu Saluran (SPSK).

Model penempatan menekankan bahwa orang yang ingin bekerja di luar negeri harus melalui perusahaan syariah atau penempatan di Arab Saudi dan tidak bisa melalui perorangan.



“Dalam konteks ini, Kementerian berkomitmen untuk memastikan rencana SPSK dilaksanakan sesuai standar yang ditetapkan untuk melindungi hak dan kepentingan pekerja migran Indonesia,” ujarnya.

Aida Fauziah berharap hasil kunjungannya ke shelter KJRI Jeddah dapat memberikan dampak positif bagi kondisi dan perlindungan pekerja migran Indonesia serta memperluas kesempatan kerja di negara tersebut.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

{inAds}