Situasinya memprihatinkan, 46.000 jembatan di AS terancam runtuh!


Jakarta

American Society of Civil Engineers memperkirakan sekitar 1 dari 13 jembatan di Amerika Serikat saat ini berada dalam kondisi buruk dan berpotensi runtuh. Baltimore.

Mulai CNNHingga Sabtu (30/3/2024), Negeri Paman Sam saat ini memiliki total kurang lebih 617.000 jembatan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 46.100 jembatan (7,5%) berstruktur tua dan dalam kondisi baik.

Parahnya lagi, 17.000 jembatan dalam kondisi baik ini berisiko runtuh hanya karena satu benturan saja, seperti yang terjadi pada Jembatan Francis Scott Key. Kemudian, diperkirakan sekitar 21.000 jembatan rentan rusak akibat bencana seperti gempa bumi.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Artinya, banyak dari jembatan yang berada dalam krisis ini dapat runtuh atau hancur sewaktu-waktu. Pada dasarnya, setidaknya ada 178 juta perjalanan di jembatan non-struktural ini setiap hari, kata badan tersebut.

“Meskipun jembatan yang melintasi jembatan tersebut pada dasarnya tidak aman untuk dilintasi, jembatan tersebut memerlukan investasi besar dalam pemeliharaannya,” kata badan tersebut.

Akibatnya, jembatan lebih rentan ditutup, karena tidak layak untuk dilintasi, atau terpaksa menghindari rusaknya pembatas akibat beban kendaraan yang melintas.

Perkumpulan Insinyur Sipil Amerika menyatakan, “Kabar baiknya adalah jumlah jembatan[yang sedang direnovasi/direhabilitasi]telah menurun dalam beberapa tahun terakhir.”

Sebagai informasi tambahan, pada tahun 2021, pemerintah AS telah mengalokasikan $1,2 triliun, atau $19,020 triliun (kurs $15,850 per satu dolar AS), untuk pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah negara.

Dari jumlah tersebut, 110 miliar dolar atau Rp. 1.743,5 triliun telah dialokasikan untuk pembangunan atau pemeliharaan jalan, jembatan dan proyek infrastruktur besar. Sebagian dari dana tersebut digunakan untuk mendanai beberapa perbaikan jembatan.

Sayangnya, belanja pemerintah untuk perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Faktanya, Amerika Serikat baru-baru ini menerima tunggakan total sebesar $125 miliar atau $1,981,25 triliun untuk pemeliharaan beberapa jembatan.

Artinya banyak jembatan di Amerika, seperti Jembatan Francis Scott Key, harus diperbaiki untuk mencegah keruntuhan. BaltimoreNamun mereka kekurangan dana untuk melaksanakan pembangunan tersebut.

(eds/eds)

Sumber: https://finance.detik.com/infrastruktur

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

{inAds}