BI angkat bicara mengenai kegembiraannya terhadap mata uang rupiah baru pecahan 1,0.


Jakarta

Bank Indonesia (BI) mengangkat isu video pengumuman pelepasan uang kertas perak rupiah baru. Dalam video yang diunggah akun Instagram tersebut, tampak mata uang tersebut memiliki pecahan 1,0 dan diberi nama Perum Peruri (Percetakan Mata Uang Republik Indonesia).

Namun Kepala Departemen Pengelolaan Keuangan Bank Indonesia Marlison Hakim membenarkan video tersebut palsu. Rilis terakhir BI adalah untuk tahun 2022 Rs.

“Salah, tidak benar, penerbitan terakhir BI adalah penerbitan rupee tahun penerbitan 2022,” jelasnya. detikcomSabtu (30/3/2024).

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Berdasarkan catatan Diticcom, uang kertas Rupee 2022 diperkenalkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Sentral Perry Warigio pada Kamis, 18 Agustus 2022. Uang Kertas Rupiah Mata Uang Baru 2022 Rp. 100.000, Rp. 50.000, Rp.002, Rp. 10.000, Rp 5.000, Rp 2000, dan Rp 1.000.

Narator yang memberikan sulih suara dalam video tersebut akan dikenakan biaya mulai dari 1.000 hingga 100.000 rupiah. Uang itu akan menghilangkan tiga angka 0 yang tercetak di atasnya.

“Uang baru 1.0? Bank Indonesia resmi mengeluarkan uang baru,” tulisnya dalam video tersebut.

Konten serupa telah dilihat sebelumnya. Di tahun Di tahun 2021 ini, akan banyak sekali video di Tik Tok yang menampilkan lembaran-lembaran mirip uang kertas rupiah. Dalam video berdurasi 13 detik tersebut, lembaran tersebut menunjukkan contoh Peru Peru dan angka 1.0. Saat itu masyarakat mengira uang kertas tersebut adalah uang kertas rupee dengan desain terbaru.

Sekretaris Perusahaan Peruri Adi Sunardi mengatakan, uang tersebut hanya contoh mata uang atau uang kertas yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencetak fitur keamanan. Hal ini biasa digunakan oleh percetakan uang untuk menerbitkan uang kertas, yang masing-masing bertujuan untuk menunjukkan kapabilitas dan kemampuan unggul perusahaan.

Buku harian rumah ini digunakan untuk memperkenalkan pelanggan kepada perusahaan percetakan mata uang dalam dan luar negeri. “Saat ini pelanggan percetakan uang kertas kami (Peru) untuk Peru dan Nepal,” ujarnya kepada Detikcom, Senin (10/5/2021).

Kemudian pada tahun tersebut Pada tahun 2022 sebesar Rp. Sebuah video yang memperlihatkan dugaan uang kertas pecahan 1 juta beredar di media. Video 15 detik dari TikTok Rp. Ini menunjukkan catatan perak yang mengatakan 1.0.

Pemilik akun menambahkan tulisan, “Oh ini pecahan 1 juta.” Namun menurut akun Instagram resmi Bank Indonesia (BI) @BANK_INDONESIA, Sabtu (26/11/2022), uang Rp 1 juta rupiah tersebut diklarifikasi merupakan surat rumah atau spesimen. Uang pemberian Peruri.

Dikutip dari akun Instagram resminya, B menulis, “Jadi kalau ada yang menyebut uang rupee atau memperlihatkan gambar desain uang rupee masa depan, maka berita tersebut pasti HOAKS.”

(ily/rd)

Sumber: https://finance.detik.com/finansial

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

{inAds}