Jakarta –
PT Bank Mandiri Tbk telah menyediakan kebutuhan tunai sekitar Rp31,3 triliun selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 H, yakni pada 18 Maret – 16 April 2024. Jumlah ini meningkat 10,5% dibandingkan perkiraan tahun lalu.
Menurut Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Teku Ali Usman, langkah ini diharapkan dapat membantu nasabah dalam memenuhi berbagai kebutuhan di musim Ramadhan dan Idul Fitri mendatang, khususnya pada masa pembayaran gaji dan THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).
Alokasi tersebut sebagian besar digunakan untuk memenuhi suplemen ATM Bank Mandiri. Pihaknya memperkirakan permintaan uang tunai akan mencapai $1,7 triliun per hari selama periode ini.
“Kami telah memfasilitasi pengisian ulang 12.874 mesin ATM/CRM Bank Mandiri yang terhubung dengan jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus untuk mendukung distribusi uang tunai kepada masyarakat mulai awal bulan ini hingga libur Idul Fitri,” Ali ungkapnya, Senin (18/3/2024), ujarnya dalam keterangan resminya.
Selain itu, Bank Mandiri juga memfasilitasi saluran pembayaran online seperti mesin EDC dan aplikasi Livin by Mandiri agar nasabah dapat bertransaksi dengan cepat. Ali menegaskan, pihaknya akan meningkatkan kapasitas aplikasinya hingga 70.000 transaksi per detik seiring bertambahnya jumlah pengguna aplikasi Mandiri Livin.
“Hal ini dilakukan agar kami dapat terus memberikan pelayanan yang baik di masa puncak perdagangan, termasuk layanan cepat BI yang kini menjadi pilihan utama pengiriman uang kepada nasabah,” ujarnya.
Untuk memastikan terselesaikannya transaksi BI FAST nasabahnya, perseroan menyediakan kecukupan likuiditas di Rekening Setelmen Dana (RSD) untuk mengantisipasi peningkatan transaksi BI FAST selama Ramadhan dan Idul Fitri. Sementara itu, tindakan preventif maintenance akan dilakukan terhadap 10.235 ATM dan 246.000 EDC yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di lokasi-lokasi strategis seperti bandara, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU, dan tempat wisata.
Pelanggan menyatakan dapat menggunakan Livin Mandiri untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari; Misalnya saja cek saldo, transfer hingga 300 juta rupiah, pembayaran tagihan bulanan dan e-commerce, pembayaran dan pembayaran e-money dan e-pocket. dengan QRIS. Bahkan, pelanggan bisa memesan tiket kereta api, tiket pesawat, bahkan tempat wisata di super app ini melalui fitur Suka.
Dengan begitu, pelanggan yang melalui jalan tol akan sangat dimudahkan karena pembayarannya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Sedangkan bagi pengguna jalan yang belum memiliki kartu e-money Mandiri, pihaknya akan menerbitkan sebanyak 975.000 kartu yang tersedia di cabang, fitur Suka di Livin Mandiri, toko retail (Indomart, Alfamart, dll), outlet resmi. E-commerce Bank Mandiri (Tokopedia, Blibly, Shopee ), serta vending machine di titik transit dan stasiun.
Selain itu, pihaknya telah membentuk kelompok pemantau TI yang selalu siaga. Hal ini merupakan langkah untuk memastikan kesiapan jaringan TI yang optimal untuk mengantisipasi peningkatan transaksi nasabah di seluruh saluran pembayaran elektronik.
Tak hanya itu, selama bulan Ramadhan, Bank Mandiri juga banyak menawarkan program khusus Ramadhan untuk memanjakan nasabah. Berbagai program tersebut dapat diakses nasabah di bmri.id/ramadan2024.
iklan
Gulir untuk melanjutkan konten.
(kilo/kilo)
Sumber: https://finance.detik.com/finansial