Jadi Pengembang Profesional: Panduan Mendaftar Akun Pengembang Google

Cara Daftar Google Developer Account


Cara Daftar Google Developer Account

Google developer account atau Godev adalah akun yang dibuat oleh pengembang aplikasi Android untuk mengakses Google Play Console, platform distribusi aplikasi resmi dari Google untuk perangkat Android. Dengan Google developer account, pengembang dapat mempublikasikan aplikasi mereka di Google Play Store dan mengakses berbagai fitur yang tersedia di Google Play Console seperti analitik, monetisasi, dan pemasaran.

Untuk membuat Google developer account, pengembang perlu membayar biaya pendaftaran sebesar $25, yang merupakan biaya sekali bayar. Setelah akun dibuat, pengembang dapat mengembangkan dan menerbitkan aplikasi sesuai keinginan mereka di Google Play Store.

Google Play Store adalah platform yang sangat populer dan luas penggunaannya, dengan jutaan pengguna Android di seluruh dunia. Oleh karena itu, memiliki Google developer account adalah langkah penting bagi pengembang yang ingin memperluas jangkauan aplikasi mereka dan mencapai audiens yang lebih besar. Namun, pengembang harus mematuhi kebijakan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh Google untuk memastikan aplikasi mereka aman, bermanfaat, dan memenuhi standar kualitas.

Lankah-Langkah Daftar Google Developer Account

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi Android dan ingin menerbitkannya di Google Play Store, maka Anda perlu membuat akun pengembang Google atau Google developer account. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat akun pengembang Google.
  • Anda perlu mengaktifkan verifikasi 2 langkah sebelum mendaftar akun google developer, namun anda tidak perlu melakukannya lagi bila sudah aktif.
    daftar google developer verifikasi 2 langkah

  • Pilih opsi “Daftar” untuk membuat akun baru.
  • Masukkan alamat email Anda dan klik tombol “Lanjutkan”.
  • Masukkan detail akun Anda seperti nama, negara, dan alamat rumah Anda.
  • Setelah itu, Pilih Metode pembayaran dan isi informasi yang diminta. Pastikan bahwa metode pembayaran yang Anda pilih tersedia di negara Anda.Cara Daftar Google Developer
  • Terakhir, pilih opsi “Terima dan teruskan” dan baca perjanjian layanan dengan seksama sebelum menyetujui.
Setelah Anda menyelesaikan proses pembuatan akun, Anda perlu membayar biaya pendaftaran sebesar $25. Biaya ini hanya perlu dibayar sekali dan Anda dapat mengembangkan dan menerbitkan sebanyak aplikasi yang Anda inginkan.

Untuk membayar biaya pendaftaran Google Developer, Anda dapat menggunakan kartu kredit atau debit yang diterbitkan oleh bank-bank tertentu. Namun, pastikan bahwa kartu kredit atau debit Anda memenuhi persyaratan berikut:
  • Yang biasa digunakan Bank-bank di indonesia adalah Bank Jago Cimb dan BNI, pastikan saat anda membuka rekening untuk memilih kartu yang terdapat fitur Pembayaran Luar negeri, Biasanya terdapat Logo Mastercard
  • Diterbitkan oleh bank yang beroperasi di negara yang didukung oleh Google Developer. Google menyediakan dukungan untuk berbagai negara di seluruh dunia, jadi pastikan bahwa bank Anda beroperasi di negara yang didukung.
  • Kartu kredit atau debit Anda harus valid dan aktif. Pastikan juga bahwa informasi kartu yang Anda berikan saat mendaftar akun Google Developer benar dan sesuai dengan informasi pada kartu Anda.
  • Pastikan bahwa kartu kredit atau debit Anda memiliki saldo cukup untuk membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran Google Developer adalah sebesar $25, dan pastikan bahwa saldo di kartu Anda mencukupi untuk membayar biaya tersebut anda perlu menghitung sesuai kurs mata uang yang terbaru.

Cara Verifikasi ID Akun Google Developer

Selain itu Anda perlu memverifikasi identitas Anda sebelum dapat mempublikasikan aplikasi di Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkah cara verifikasi ID pada Google developer account:

  • Pertama-tama, pastikan Anda memiliki akun Google yang valid dan terverifikasi. Pastikan juga bahwa informasi profil Anda lengkap dan akurat.
  • Pilih opsi "Setel akun saya" di pojok kanan atas atau bisa juga buka melalui email di Gmail ataupun kotak masuk pada akun google developer anda
  • Pada halaman "Setel akun saya", pilih opsi "Verifikasi identitas saya".
  • Ikuti instruksi yang diberikan untuk memasukkan informasi pribadi Anda, termasuk nama, alamat, dan nomor telepon Anda.
  • Unggah dokumen identitas resmi yang dapat membuktikan identitas Anda, seperti paspor, KTP, atau SIM, update terbaru Verifikasi laman muka dan belakang identitas.
  • Setelah mengunggah dokumen identitas, klik "Kirim" dan tunggu pemeriksaan oleh tim Google.
  • Setelah verifikasi identitas berhasil, Anda akan menerima notifikasi melalui email bahwa akun pengembang Anda sudah terverifikasi.

Pastikan bahwa dokumen identitas yang Anda unggah valid dan sesuai dengan kebijakan dan pedoman Google Play Console. Proses verifikasi dapat memakan waktu hingga beberapa hari kerja kadang bisa lebih cepat, jadi pastikan Anda memiliki kesabaran dan menunggu hingga proses verifikasi selesai.

Setelah akun Anda dibuat, Anda dapat mengakses berbagai fitur di Google Play Console seperti menambahkan aplikasi baru, melacak performa aplikasi, dan mengatur penghasilan dari aplikasi yang Anda terbitkan. Pastikan untuk mematuhi kebijakan dan pedoman Google Play Store untuk menghindari akun Anda dinonaktifkan atau dihapus.

Manfaat Memiliki Akun Google Developer

Berikut adalah 10 manfaat dari memiliki akun Google Developer:
  1. Memiliki kemampuan untuk mempublikasikan aplikasi di Google Play Store dan membuatnya tersedia untuk jutaan pengguna Android di seluruh dunia.
  2. Mengakses berbagai fitur di Google Play Console seperti analitik, monetisasi, dan pemasaran, untuk meningkatkan kinerja aplikasi Anda.
  3. Dapat menerima umpan balik dari pengguna aplikasi Anda dan meningkatkan aplikasi berdasarkan umpan balik tersebut.
  4. Memperluas jangkauan aplikasi dan meningkatkan visibilitas di pasar global.
  5. Meningkatkan reputasi sebagai pengembang yang handal dan terpercaya dengan memiliki akun Google Developer.
  6. Mendapatkan akses ke sumber daya pengembangan yang disediakan oleh Google seperti dokumentasi, panduan, dan forum komunitas.
  7. Dapat mengintegrasikan aplikasi Anda dengan berbagai layanan Google seperti Google Maps, Google Drive, dan lainnya.
  8. Dapat menghasilkan pendapatan dari aplikasi Anda melalui iklan, pembelian dalam aplikasi, dan langganan premium.
  9. Dapat menindaklanjuti pelanggaran hak cipta dan hak kekayaan intelektual melalui tim penegakan kebijakan Google.
  10. Mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam acara pengembangan dan konferensi Google, dan memperluas jaringan dengan pengembang lain di seluruh dunia.

Dengan demikian, memiliki akun Google Developer dapat membuka berbagai peluang bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas dan kinerja aplikasi mereka, serta memperluas jangkauannya ke seluruh dunia.


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

{inAds}